Daftar Isi:
  • Dalamduniapengangkutanmassal, keretaapimerupakanmodatransportasi yang memilikiperanansangatbesar. Gerbongbarangadalahalatpengangkut yang ditarikolehlokomotifsehinggamenjadisebuahrangkaiankeretaapi.Gerbongbarangterdiridaribermacamrupadenganfungsiangkutdankapasitas yang berbeda-beda.Salah satucontohpengangkutanbarang yang cukuppentingadalahpengangkutanbatu ballast, yang biasanyadigunakandalampemeliharaanjalan rel. Gerbongpengangkutbatu ballast dituntutuntuksemakinefisiendantangguh.Gunamendukungfungsinya, makadiperlukansuatuperancangansebuahgerbongbarangpengangkutbatu ballast sertaanalisaterhadapgerbongbarangtersebut.Gerbongbarangdirancangmengacupadastandar JIS (Japan Industrial Standart) danPeraturanMenteriPerhubunganNomor : KM 43Tahun 2010 TentangStandarSpesifikasiTeknisGerbong.Gerbongbarangdianalisakekuatannyamenggunakanmetodeelemenhingga (MEH).Beban yang bekerjapadastruktur, disimulasikanmendekatipembebanan yang sebenarnya.Bebanutama yang dikenakanadalahbebanmuatanseberat 35 ton.Hasilanalisamenggunakanperangkatlunak MEH, menunjukkanbahwastrukturkeretamasihamandalamsegitegangan, defleksi, maupunkegagalanlelah. Kata kunci: metodeelemenhingga, gerbongbarang, tegangan, kegagalanlelah