DESAIN DAN ANALISA GERBONG KERETA APIPENGANGKUT BATUBALLASTDENGANMETODE ELEMEN HINGGA
Main Authors: | Praditha, Enricko Luthfan, DjoeliSatrijo, Ir. , MT |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/41562/1/01-Halaman_Awal.pdf http://eprints.undip.ac.id/41562/4/03-Lampiran.pdf http://eprints.undip.ac.id/41562/3/02-Halaman_Inti.pdf http://eprints.undip.ac.id/41562/5/04-Karya_Ilmiah_for_Sidang.pdf http://mesin.undip.ac.id http://eprints.undip.ac.id/41562/ |
Daftar Isi:
- Dalamduniapengangkutanmassal, keretaapimerupakanmodatransportasi yang memilikiperanansangatbesar. Gerbongbarangadalahalatpengangkut yang ditarikolehlokomotifsehinggamenjadisebuahrangkaiankeretaapi.Gerbongbarangterdiridaribermacamrupadenganfungsiangkutdankapasitas yang berbeda-beda.Salah satucontohpengangkutanbarang yang cukuppentingadalahpengangkutanbatu ballast, yang biasanyadigunakandalampemeliharaanjalan rel. Gerbongpengangkutbatu ballast dituntutuntuksemakinefisiendantangguh.Gunamendukungfungsinya, makadiperlukansuatuperancangansebuahgerbongbarangpengangkutbatu ballast sertaanalisaterhadapgerbongbarangtersebut.Gerbongbarangdirancangmengacupadastandar JIS (Japan Industrial Standart) danPeraturanMenteriPerhubunganNomor : KM 43Tahun 2010 TentangStandarSpesifikasiTeknisGerbong.Gerbongbarangdianalisakekuatannyamenggunakanmetodeelemenhingga (MEH).Beban yang bekerjapadastruktur, disimulasikanmendekatipembebanan yang sebenarnya.Bebanutama yang dikenakanadalahbebanmuatanseberat 35 ton.Hasilanalisamenggunakanperangkatlunak MEH, menunjukkanbahwastrukturkeretamasihamandalamsegitegangan, defleksi, maupunkegagalanlelah. Kata kunci: metodeelemenhingga, gerbongbarang, tegangan, kegagalanlelah