Daftar Isi:
  • Connecting rod adalah salah satu bagian yang penting dalam kendaraan bermotor dan didesain untuk mengontrol gaya inersia. Connecting rod merupakan batang penghubung antara piston dan crankshaft, serta mengubah gerakan linier piston dan ditranslasikan ke gerakan putar crankshaft. Connecting rod dimaksimalkan untuk mampu menahan gaya dari berat piston hasil pembakaran dalam silinder. Gaya connecting rod reaksi mekanisme slider-crank dipengaruhi oleh massa dan inersia untuk tiap komponen didalamnya. Gaya maksimal yang dihasilkan connecting rod pada saat langkah kompresi atau langkah buang, terjadi saat piston berada tepat di TDC (Top Dead Center) atau BDT (Bottom Dead Center). Untuk pengujian simulasi pada connecting rod, menggunakan beberapa variasi kecepatan putaran mesin (rpm) 2000 rpm, 3000 rpm, 4000 rpm, dan 5700 rpm. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kinematika dan kinetika connecting rod dengan menggunakan software MATLAB/ Simulink. Penelitian ini mendesain dan menganalisa gaya dan torsi pada connecting rod motor 4 langkah satu silinder dengan menggunakan software MATLAB/Simulink. Parameter perancangan adalah bentuk, kecepatan angular, percepatan angular, gaya dan torsi. Semakin besar variasi kecepatan putaran mesin (rpm) maka semakin besar kecepatan angular, percepatan angular, gaya dan torsi yang dihasilkan connecting rod. Kata kunci : Connecting rod, mechanism slider-crank, matlab/ simulink, gaya