Daftar Isi:
  • Connecting rod merupakan komponen pada mekanisme slider crank yang bekerja sangat aktif akibat gerak putar crankshaft dan gerak translasi piston. Sehingga gaya yang diterima komponen ini cukup besar untuk menyebabkan kegagalan jika connecting rod digunakan pada kecepatan rotasi tinggi. Mesin yang memiliki banyak silinder dapat menghasilkan kecepatan rotasi yang tinggi. Maka diperlukan penelitian mengenai fenomena dinamika khususnya fenomena kinematika dan kinetika untuk mengetahui pengaruh kecepatan rotasi mesin terhadap gaya yang bekerja pada connecting rod pada mesin multi-silinder segaris 4 langkah. Fenomena kinematika dan kinetika connecting rod ini dianalisa menggunakan software Matlab-Simmechanic. Input yang digunakan adalah kecepatan rotasi mesin yang diukur pada crankshaft. Output yang akan dianalisa adalah kecepatan dan percepatan angular (kinematika), gaya yang bekerja pada connecting rod (kinetika), dan torsi saat mekanime slider-crank bekerja. Analisa dilakukan dengan mengelompokkan silinder sesuai keserupaan fasenya. Hasilnya, semakin tinggi kecepatan rotasi mesin, makin besar pula kecepatan dan percepatan angular, torsi mekanisme slider-crank, dan gaya yang bekerja pada connecting rod. Kata kunci : connecting rod, slider-crank, kinematika, kinetika, simmechanic