ANALISA RESPON DINAMIK AKIBAT GUST LOAD PADA MODEL PESAWAT UDARA SEDERHANA MENGGUNAKAN PENDEKATAN MASSA TERGUMPAL

Main Authors: Wijaya, Ivan Anggasta, Haryanto, Ismoyo., Dr. Ing. Ir. MT
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/41545/1/Halaman_Awal.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41545/2/Halaman_Isi.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41545/
Daftar Isi:
  • turbulence. Gangguan turbulence ini mengakibatkan pembebanan pada struktur pesawat yang biasa disebut pembebanan gust atau gust load. Akibat pembebanan gust, pesawat udara akan memberikan respon dinamik yang tidak saja mereduksi kenyamanan tetapi juga bersifat katastropis apabila getarannya tidak teredam. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk menganalisis respon dinamik pada model pesawat udara sederhana ketika dalam keadaan terbang jelajah (cruise). Pesawat udara dimodelkan menjadi dua dimensi yang kemudian dilakukan pendekatan massa tergumpal (lumped mass). Dengan menggunakan pendekatan massa tergumpal model pesawat udara akan dibagi menjadi elemen – elemen pada komponen fuselage, wing, dan tail. Pada penelitian ini respon dinamik yang dianalisa menggunakan dua masukan gust yaitu gust diskrit atau 1 – cosine gust dan gust kontinyu atau stochastic gust. Untuk stochastic gust, analisis didasarkan pada Power Spectral Density (PSD). Sedangkan kuantitas gaya aerodinamika ditentukan menggunakan pemodelan quasi-steady. Analisa respon dinamik dilakukan dengan menggunakan kode komputasi yang disusun menggunakan MATLAB. Pada proses analisa dilakukan kaji parameter dengan memvariasikan nilai dari kecepatan pesawat udara. Dari hasil analisa menunjukkan bahwa untuk beban gust diskrit semakin besar nilai kecepatan pesawat udara maka respon yang dihasilkan semakin tidak stabil. Sedangkan pada beban gust kontinyu menunjukkan bahwa semakin besar kecepatan pesawat udara maka respon yang diberikan semakin stabil. Kata Kunci : Gust Load, Massa Tergumpal, Gust Diskrit, Gust Kontinyu, PSD, Power Spectral Density