DESAIN DAN ANALISA GERBONG KERETA API PENGANGKUT BATU BALLAST DENGAN METODE ELEMEN HINGGA
Main Authors: | PRADITHA, ENRICKO LUTHFAN , Satrijo, Djoeli Ir., MT. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/41543/1/01-Halaman_Awal.pdf http://eprints.undip.ac.id/41543/2/02-Halaman_Inti.pdf http://eprints.undip.ac.id/41543/3/03-Lampiran.pdf http://eprints.undip.ac.id/41543/4/04-Karya_Ilmiah_for_Sidang.pdf http://mesin.undip.ac.id/ http://eprints.undip.ac.id/41543/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia pengangkutan massal, kereta api merupakan moda transportasi yang memiliki peranan sangat besar. Gerbong barang adalah alat pengangkut yang ditarik oleh lokomotif sehingga menjadi sebuah rangkaian kereta api. Gerbong barang terdiri dari bermacam rupa dengan fungsi angkut dan kapasitas yang berbeda-beda. Salah satu contoh pengangkutan barang yang cukup penting adalah pengangkutan batu ballast, yang biasanya digunakan dalam pemeliharaan jalan rel. Gerbong pengangkut batu ballast dituntut untuk semakin efisien dan tangguh. Guna mendukung fungsinya, maka diperlukan suatu perancangan sebuah gerbong barang pengangkut batu ballast serta analisa terhadap gerbong barang tersebut. Gerbong barang dirancang mengacu pada standar JIS (Japan Industrial Standart) dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 43 Tahun 2010 Tentang Standar Spesifikasi Teknis Gerbong. Gerbong barang dianalisa kekuatannya menggunakan metode elemen hingga (MEH). Beban yang bekerja pada struktur, disimulasikan mendekati pembebanan yang sebenarnya. Beban utama yang dikenakan adalah beban muatan seberat 35 ton. Hasil analisa menggunakan perangkat lunak MEH, menunjukkan bahwa struktur kereta masih aman dalam segi tegangan, defleksi, maupun kegagalan lelah. Kata kunci: metode elemen hingga, gerbong barang, tegangan, kegagalan lelah