DESAIN DAN ANALISA IMPACT PADA STRUKTUR BUMPER DEPAN KENDARAAN SUV DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Main Authors: PANJAITAN, JUFRY JIMMY , Satrijo, Djoeli Ir. , MT
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/41493/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41493/2/ISI_LAPORAN.pdf
http://mesin.undip.ac.id/
http://eprints.undip.ac.id/41493/
Daftar Isi:
  • Bumper merupakan salah satu komponen otomotif yang terletak di ujung depan dan belakang rangka kendaraan yang berfungsi sebagai perangkat pengaman untuk menjamin keselamatan penumpang.Bumper harus memiliki struktur yang mampu menyerap energi semaksimal mungkin saat terjadi impact/tabrakan sehingga energi impact yang terkena pada bumper tidak diteruskan ke dalam cabin penumpang. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam merancang sistem bumper.Faktor yang paling penting adalah kemampuan bumper untuk menyerap energi saat terjadi tabrakan.Faktor lain yang dianggap penting adalah material yang digunakan pada sisitem bumper itu sendiri meliputi kemampuan daur ulang, bobot, dan harga. Parameter yang paling penting untuk mendesain dan menganalisa bumper depan meliputi material, ketebalan, bentuk, dan kondisi impact. Penelitian ini mendesain dan menganalisa struktur bumper depan ketika diberikan pembebanan sesuai dengan ECE R. 42. Simulasi bumper depan dilakukan pada kondisi impact dengan kecepatan rendah sesuai dengan standar kendaraan ECE R. 42. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisa desain bumper depan berdasarkan parameter bentuk (3 desain) , bahan (Aluminium 3105-H18, Aluminium 2219-T31, dan Aluminium 2024-T86), ketebalan (3 mm, 4 mm dan 5 mm) dan absorber dengan karet. Pemodelan dan analisa dilakukan dengan bantuan software CATIA dan ANSYS LS-DYNA. Kata kunci: Bumper, ECE R. 42, impact.