SIMULASI GERAK KENDARAAN JALAN RAYA JENIS TRUK AKIBAT MANUVER DAN PENGEREMAN
Daftar Isi:
- Perkembangan industri otomotif akhir-akhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga memacu persaingan antar produsen untuk membuat kendaraan dengan variasi bentuk, tipe dan spesifikasi yang beraneka ragam agar menarik minat para konsumen dalam hal kenyamanan, unjuk kerja, dan keselamatan. Dalam mendukung perkembangan industri otomotif tersebut, diperlukan penelitian yang mampu mensimulasikan dinamika kendaraan jalan raya jenis truk, terutama untuk mensimulasikan fenomena rollover dimana body kendaraan mengalami rolling yang berlebihan terhadap sumbu longitudinalnya dan dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Laporan ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi performance handling dan pengereman kendaraan jalan raya jenis truk yang muncul pada saat berada di lintasan lurus dan menurun dengan menggunakan software TruckSim 8.0. Model kendaraan tersebut kemudian disimulasikan dengan input J-Turn Maneuver dengan steering angle 3300 dan input Brake Master Cylinder Pressure sebesar 10 Mpa dengan kecepatan awal 60 km/jam. Output dari simulasi ini terdiri dari 5 grafik untuk vehicle motion dan 3 grafik untuk gaya-gaya pada ban. Output tersebut terdiri dari kecepatan longitudinal, kecepatan lateral, lateral force, longitudinal force, normal force, roll angle, slip angle, dan yaw rate. Kata Kunci : Kendaraan Jalan Raya, performance handling, pengereman