ANALISIS FLUTTER HORIZONTAL TAIL PLANE BOX PESAWAT N-2ZE MENGGUNAKAN MSC.PATRAN/NASTRAN

Main Authors: FADHILAH, ARI FAIQ, Haryanto, Ismoyo., Dr. Ing. Ir., MT
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/41419/2/HALAMAN_AWAL.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41419/1/HALAMAN_ISI.pdf
http://mesin.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/41419/
Daftar Isi:
  • Pada perancangan struktur pesawat terbang, kestabilan aeroelastisitas (aeroelastic stability) merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi. Dasar regulasi yang terkait dengan kestabilan aeroelastisitas ialah FAR (Federal Aviation Regulation) 25.629—Aeroelastic Stability Requirements. Dalam regulasi tersebut, secara umum disebutkan bahwa perlu dilakukan evaluasi kestabilan aeroelastis terkait dengan kasus-kasus seperti flutter, divergence, control reversal, dan kasus kehilangan kestabilan dan kontrol lainnya yang diakibatkan oleh deformasi struktur. Hal ini dimaksudkan supaya struktur pesawat terbang tetap aman pada saat operasi penerbangan. Flutter adalah ketidakstabilan dinamik akibat adanya interaksi gaya aerodinamika, inersia, dan struktur. Pada pesawat udara, flutter dapat menimbulkan kegagalan struktur pesawat dan membatasi domain terbang pesawat. Pada penelitian ini dilakukan analisis flutter struktur Horizontal Tail Plane box pesawat udara. Analisis dilakukan untuk mencari karakteristik dinamik dan flutter pada Horizontal Tail Plane box pesawat N-2ZE.Penentuan karakteristik dinamik dan flutter dilakukan dengan menggunakan program MSC PATRAN/NASTRAN. Hasil penelitian menunjukkan pada Horizontal Tail Plane box ditemukan fenomena flutter pada kecepatan 550 KNOT, modus ke 8 dengan jenis gerakan torsi dan frekuensi sebesar 136,54 Hz. Kata kunci: Flutter, Horizontal Tail Plane, PATRAN, NASTRAN.