PENYUSUNAN SCHEDULE PERAWATAN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 SUB-ASSEMBLY KOPLING BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)

Main Authors: FRIANTO, DEDY , Fadjar, Berkah., Dr. Dpl. Ing. Ir. TK
Format: Thesis NonPeerReviewed Book application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/41410/7/07_ABSTRAK.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/8/07_ABSTRAK.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/6/06_HALAMAN_MOTTO_DAN_PERSEMBAHAN.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/11/09_DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/10/09_DAFTAR_ISI.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/1/01_HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/2/02_HAL_TUGAS_SARJANA.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/3/03_HALAMAN_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/4/04_HALAMAN_PENGESAHAN.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/5/05_PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/9/08_KATA_PENGANTAR.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/12/10_DAFTAR_GAMBAR.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/13/11_DAFTAR_TABEL.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/14/12_NUMENKLATUR.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/15/13_BAB_1.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/16/13_BAB_1.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/17/14_BAB_II.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/18/15_BAB_III.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/19/18_BAB_VI.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/20/19_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/21/20_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/22/16_BAB_IV.pdf
http://eprints.undip.ac.id/41410/23/17_BAB_V.pdf
http://mesin.undip.ac.id/
http://eprints.undip.ac.id/41410/
Daftar Isi:
  • Populasi sepeda motor semakin meningkat beberapa tahun ini, sejalan dengan hal itu frekuensi kecelakaan juga semakin meningkat karena faktor kelalaian pengendara dan kegagalan komponen karena kurangnya perawatan. Perawatan merupakan aspek yang sangat penting dalam pengoperasian sebuah sepeda motor. Sepeda motor dapat bekerja dengan baik apabila sub-assembly yang berada di dalamnya diperlakukan dengan baik. Salah satunya adalah sub-assembly kopling, di mana beberapa komponen menerima beban berat dan saling bergesekan. Dengan kondisi tersebut metode perawatan yang baik perlu dilakukan. Perawatan yang baik dan rutin akan membuat usia pakai sub-assembly kopling pada sepeda motor jauh lebih lama. Salah satu metode perawatan yang baik adalah Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan mengembangkan kegagalan yang terjadi pada sub-assembly. Sub-assembly kopling sepeda motor terdiri dari banyak komponen, dan beberapa komponen merupakan komponen kritis. Kegagalan fungsi pada komponen kritis akan membuat sistem rusak bahkan breakdown. Dalam RCM terdapat beberapa jenis perawatan yaitu preventive, reactive, predictive testing and inpection dan proactive maintenance. Penerapan RCM melalui beberapa tahap antara lain: Failure Mode Critical Effect Critical Analysis (FMECA), Logic Tree Analysis (LTA), estimasi umur, penyusunan schedule perawatan dan evaluasi. Tahap-tahap tersebut dilakukan dengan mengembangkan kegagalan pada sub-assembly dan penyebabnya. Setelah itu dilakukan pengujian operasional untuk memperoleh kondisi riil dari sepeda motor. Data-data hasil pengujian digunakan untuk equivalensi umur beberapa komponen utama pada sub-assembly. Hasil akhirnya berupa schecdule perawatan baru untuk melengkapi schedule standar yang telah ada dan penyusunan daftar resiko yang akan terjadi bila dalam pemakaian sepeda motor tidak normal dan perawatan yang kurang baik dari mulai kerusakan komponen sehingga perlu penggantian sampai terjadinya kecelakaan. Kata kunci : sepeda motor, kopling, RCM, kegagalan, breakdown, schedule, perawatan