HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA RUANG RAWAT TINGGAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN PERAWATAN DIRUMAH SAKIT UMUM RAA. SOEWONDO KABUPATEN DATI II PATI

Main Author: SUHARSI, SUHARSI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 1992
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/4119/1/038.pdf
http://www.fkm.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/4119/
Daftar Isi:
  • Rumah sakit sebagai sarana pelayanan kesehatan rujukan mempunyai fungsi penyembuhan, pemulihan, peningkatan dan pencegahan. Kualitas pelayanan kesehatan SRU antara lain ditentukan oleh pelayanan perawatan yang dilaksanakan. Pelaksanaan pelayanan perawatan dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala ruang rawat tinggan dan sikap bawahan sebagai pelaksana pelayanan perawatan yang pada akhirnya berpengaruh kepada kepuasan pasien. Pada penelitian ini didapatkan bahwa, ada hubungan yang bermakna antara a. Gaya kepemimpinan kepala ruang rawat tinggal dengan: - sikap bawahan - pelayanan keperawatan - kepuasan pasien b. Sikap bawahan dengan: - pelayanan perawatan - kepuasan pasien c. Gaya kepemimpinan kepala ruang rawat tinggal yang partisipatif dan delegatif bawahan cenderung bersikap menunjang, pelayanan perawatan yang diberikan cenderung baik dan pasien cenderung merasa puas. Komponen yang perlu mendapat perhatian dalam kepuasan pasien adalah gaya kepemimpinan kepala ruang rawat tinggal, sikap bawahan dan pelayanan perawatan yang dilaksanakan di RS. Kata Kunci: GAYA KEPEMIMPINAN RSU TERHADAP KEPUASAN PASIEN