PENGARUH KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 1 KENDAL

Main Author: LAILA RIZQI, ANISWATIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/40980/1/Aniswatika_Laila_A2D007004.pdf
http://eprints.undip.ac.id/40980/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA N 1 Kendal.” Adapun tujuan yang ingin penulis capai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa di SMA N 1 Kendal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Kendal kelas X dan XI yang berjumlah 696 orang. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 15% dari populasi yaitu 104 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Sementara itu, teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 67,3% atau 70 responden menyatakan bahwa ketersediaan koleksi di perpustakaan SMA N 1 Kendal sudah memadai baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Sebanyak 66,3% atau 69 responden menyatakan bahwa motivasi belajar siswa SMA N 1 Kendal baik. Hasil dari uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara ketersediaan koleksi perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel, yaitu 3,527 > 1,659. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi perpustakaan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji t yaitu t hitung >t tabel.