PERBEDAAN PERILAKU INFORMASI SISWA IPA DAN IPS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR STUDI KASUS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 SEMARANG

Main Author: Christiani, Lydia
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/40796/1/SKRIPSI-S1_ILPUS.pdf
http://eprints.undip.ac.id/40796/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku informasi yang ditunjukkan siswa IPA dan IPS ditinjau dari gaya belajar mereka, dengan mengambil studi kasus siswa kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Dalam penelitian ini, perilaku informasi diamati dari tiga dimensi yaitu kebutuhan informasi, aktivitas pencarian informasi yang meliputi pola pencarian informasi Khulthau dan pola penemuan informasi Ellis, serta perilaku penggunaan informasi. Adapun gaya belajar siswa diamati berdasarkan dimensi cognitive style, yaitu gaya individu dalam memproses informasi, yang terbagi dalam golongan serialis dan holistik. Dilihat dari pendekatannya, penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan metode kuantitatif. Analisa data untuk menguji hipotesis mayor digunakan teknik statistik Multivariat Analysis of Variance (MANOVA) dengan post hoc test T-Hotteling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 120 responden sebagai sampel, yang dipilih secara acak dengan tekhnik acak berkelompok banyak tahap (multistages cluster random sampling). Dari hasil analisa data diperoleh nilai uji signifikasi perbedaan antar kelompok dengan nilai F= 1,490 dan p= 0,230 (p>0,05) yang berarti hipotesis mayor dalam penelitian ini ditolak yaitu tidak terdapat perbedaan gaya belajar antara siswa IPA dan IPS sehingga dalam perilaku informasi mereka pun tidak terdapat perbedaan. Perbedaan perilaku informasi tidak muncul pada tataran kelompok, tetapi lebih kepada masing-masing individu