ANALISIS PEMANFAATAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) BERBASIS WEB OLEH PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 SEMARANG
Main Author: | Prabowo, Aan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/40766/1/bab_1_hal_1-6_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/2/bab_2_hal_7-21_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/3/bab_3_hal_22-29_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/4/bab_4_hal_30-_45_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/5/bab_5_hal_46-73_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/6/bab_6_hal_74-76_fix.docx http://eprints.undip.ac.id/40766/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pemanfaatan koleksi e-book di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah pemustaka perpustakaan SMA N 1 Semarang yang terdiri dari siswa, guru dan pustakawan pengelola koleksi e-book.Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling,. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pemanfaatan koleksi e-book berbasis web perpustakaan yaitu informan menelusur koleksi e-book secara mandiri tanpa menggunakan bantuan pustakawan.Informan menelusur koleksi e-book melalui mesin pencarian google dan web perpustakaan. Perilaku informan setelah berhasil mengakses koleksi e-book yaitu langsung dibaca dilayar, mengunduh file e-book ,di simpan sebagai koleksi pribadi,di cetak Informan memanfaatkan koleksi e-book untuk koleksi pribadi dan referensi. Sedangkan Informasi dalam e-book digunakan oleh informan yaitu menunjang pembelajaran, mengerjakan tugas, menambah ilmu pengetahuan. Kendala dan hambatan yang di alami pemustaka disaat memanfaatkan koleksi e-book adalah masalah internet yang lambat, untuk beberapa dibutuhkan kata sandi untuk membuka koleksi e-book. dan membaca di layar di anggap kurang fleksibel. Koleksi e-book merupakan koleksi baru yang pengadaannya dari usulan guru dan murid. Tujuan layanan e-book sebagai minat baca pemustaka. Promosi e-book melalui pendidikan pemakai kepada siswa baru dan melalui guru pelajaran.