PROFIL INTELIGENSI PADA SISWA DENGAN KESULITAN BELAJAR DI SD NEGERI GISIKDRONO SEMARANG BIDANG PSIKOLOGI

Main Authors: Widayanti, Costrie Ganes, Rusmawati, Diana, Siswati, Siswati
Format: Article NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Psikologi Undip , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/40401/1/Profil_Inteligensi.pdf
http://eprints.undip.ac.id/40401/
Daftar Isi:
  • Perkembangan kognitif merupakan aspek yang sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Siswa dengan kesulitan belajar memiliki hambatan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan belajar. 24 siswa SD Negeri Gisikdrono terlibat dalam penelitian ini, terdiri dari kelas 1-6 SD yang diindikasikan menunjukkan beberapa karakteristik siswa dengan kesulitan belajar. Jumlah ini diperoleh dari hasil skrining awal yang dilakukan sebelum pemberian tes WISC. Profil inteligensi siswa dengan kesulitan belajar menunjukkan 46% mengalami kesulitan belajar spesifik dan 54% adalah lambat belajar (IQ= 71-84). Pada siswa dengan kesulitan belajar spesifik menunjukkan skor IQ performansi yang relatif di atas skor IQ verbal. Dibutuhkan strategi pembelajaran sesuai dengan kapasitas inteligensi yang dimiliki anak sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk mencapai keberhasilan.