KRITIK RABINDRANATH TAGORE TENTANG PENDIDIKAN DALAM CERPEN “KISAH SEEKOR BURUNG YANG BODOH”: Sebuah Tinjauan Sosiologis

Main Author: Sukarjo, Waluyo
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Kepel Press , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/38381/1/Pak_Karjo.pdf
http://ejournal.undip.ac.id/38381
http://eprints.undip.ac.id/38381/
Daftar Isi:
  • Karya sastra dapat dilihat dari segi sosiologi dengan mempertimbangkan segi-segi kemasyarakatan. Pendekatan sosiologi sastra adalah salah satu pendekatan sastra yang mengkhususkan diri dalam menelaah karya sastra dengan mempertimbangkan segi-segi sosial kemasyarakatan. Cerpen “Kisah Seekor Burung yang Bodoh” karya Rabindranath Tagore menarik untuk diteliti sebab menceritakan bagaimana ungkapan pengarang terhadap masalah pendidikan yang ada di dalam masyarakat. Burung dijadikan simbol pengungkapan hati pengarang betapa pendidikan di sekitar kita masih berbelit masalah yang amat rumit. ____________________________________________________________ Key words: sosiologi sastra, kritik, pendidikan, metode pengajaran