HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI AKADEMIK DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 6 SEMARANG

Main Author: Chiput Nurul A., CNA
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/38259/1/skripsi_chiput_nurul.pdf
http://eprints.undip.ac.id/38259/
Daftar Isi:
  • Resiliensi akademik mengacu pada kemampuan siswa untuk bertahan dan beradaptasi secara positif dalam menghadapi tantangan akademik guna mencapai prestasi belajar yang maksimal. Penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi akademik terhadap prestasi belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 269 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 119 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi akademik yang terdiri dari 59 aitem (α=0,950) dan nilai raport siswa semester dua. Analisis korelasi menunjukkan rxy=0,615 dengan p=0,000 (p<0,05), artinya ada hubungan positif yang signifikan antara resiliensi akademik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Semarang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi resiliensi akademik maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai. Sebaliknya, semakin rendah resiliensi akademik maka semakin rendah prestasi belajar siswa.