PENGEMBANGAN DAN PEMBUATAN KAMPAS REM KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN DASAR KOMPOSIT SERBUK LIMBAH BESI COR, SERAT ASBES DAN SERBUK LIMBAH PLASTIK

Main Authors: WIDAYANTO, Susilo Adi, UMARDANI, Yusuf, TANTOWI , Alva Edy , YURIANTO, Yurianto
Format: Research NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/3670/1/PENGEMBANGAN_DAN_PEMBUATAN_KAMPAS_REM_KENDARAAN_BERMOTOR_BERBAHAN_DASAR_KOMPOSIT_SERBUK_LIMBAH_BESI_COR%2C_SERAT_ASBES_DAN_SERBUK_LIMBAH_PLASTIK_by_Susilo.pdf
http://www.mtm.undip.ac.id/
http://eprints.undip.ac.id/3670/
ctrlnum 3670
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN DAN PEMBUATAN KAMPAS REM KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN DASAR KOMPOSIT SERBUK LIMBAH BESI COR, SERAT ASBES DAN SERBUK LIMBAH PLASTIK</title><creator>WIDAYANTO, Susilo Adi</creator><creator>UMARDANI, Yusuf</creator><creator>TANTOWI , Alva Edy </creator><creator>YURIANTO, Yurianto</creator><subject>TJ Mechanical engineering and machinery</subject><description>Peningkatan industri dari tahun ke tahun. Hal ini menuntut diberdayakannya seluruh potensi untuk menekan dampak yang terjadi baik dari sisi regulasi maupun pendekatan teknis. Pada sisi yang lain pertumbuhan industri yang terjadi berdampak pada penurunan kualitas lingkungan akibat polusi limbah kegiatan produksi maupun dari produk yang dihasilkan.&#xD; Pemanfaatan limbah industri/produk industri untuk perbaikan kualitas part kendaraan bermotor sehingga meningkatkan nilai keamanan berkendara merupakan salah satu usaha penting yang berdampak multi dimensi. Proposal ini mengusulkan penelitian tentang pembuatan kampas rem kendaraan bermotor berbahan serbuk limbah besi cor, serat asbes dan serbuk limbah plastik. Usul penelitian pada dasarnya merupakan kelanjutan dari berbagai riset awal yang telah dilakukan dalam proses sintering. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam empat tahap selama satu tahun penelitian. Tahapan tersebut berupa tahap persiapan yang ditujukan untuk proses pembuatan serbuk limbah plastik dan karakterisasi serbuk-serbuk yang digunakan, optimasi proses sintering untuk membuat bahan komposit yang terbaik pada aplikasi kampas rem, pembuatan prototipe kampas rem dan rig uji kinerjanya dan pengujian kinerja kampas rem tersebut untuk memperoleh kualitas maupun umur pakai optimal. &#xD; Dengan memvariasikan parameter serbuk yang berupa ukuran butir, komposisi dan jenis campuran serbuk besi cor (digunakan serbuk kuningan) dan pemvariasian parameter proses sintering yang berupa densitas green part (besar tekanan kompaksi), temperatur sintering dan waktu penahanan, akan diperoleh hubungan empiris dengan sifat mekanik bahan komposit tersebut. Dengan itu parameter proses optimal bahan rem dapat ditentukan. Selanjutnya data tersebut digunakan dalam pembuatan prototipe kampas rem motor maupun mobil. Untuk mengukur kinerja rillnya, pengujian dengan menggunakan rig uji dilakukan, dimana pengujian diberlakukan untuk prototipe kampas rem maupun kampas-kampas rem komersial produk industri. Hasil pengujian tersebut dibandingkan. Dengan model uji ini efektivitas pengereman pada kondisi basah maupun kering, efek pengerasan akibat fluktuasi beban termal yang muncul saat proses pengereman dan umur kampas dapat diketahui. &#xD; Dari pelaksaan usul penelitian akan dihasilkan prototipe kampas rem berbahan serbuk limbah besi cor dan serbuk limbah plastik yang telah diuji kinerjanya, prototipe rig uji kinerja kampas rem untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Publikasi riset juga dilakukan agar hasil penelitian dapat dinikmati untuk kepentingan yang lebih luas.&#xD; &#xD; Kata kunci: kampas rem, komposit, serbuk besi cor&#xD; </description><date>2008</date><type>Report:Research</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.undip.ac.id/3670/1/PENGEMBANGAN_DAN_PEMBUATAN_KAMPAS_REM_KENDARAAN_BERMOTOR_BERBAHAN_DASAR_KOMPOSIT_SERBUK_LIMBAH_BESI_COR%2C_SERAT_ASBES_DAN_SERBUK_LIMBAH_PLASTIK_by_Susilo.pdf</identifier><relation>http://www.mtm.undip.ac.id/</relation><identifier>WIDAYANTO, Susilo Adi and UMARDANI, Yusuf and TANTOWI , Alva Edy and YURIANTO, Yurianto (2008) PENGEMBANGAN DAN PEMBUATAN KAMPAS REM KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN DASAR KOMPOSIT SERBUK LIMBAH BESI COR, SERAT ASBES DAN SERBUK LIMBAH PLASTIK. [Experiment] (Unpublished)</identifier><relation>http://eprints.undip.ac.id/3670/</relation><recordID>3670</recordID></dc>
format Report:Research
Report
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WIDAYANTO, Susilo Adi
UMARDANI, Yusuf
TANTOWI , Alva Edy
YURIANTO, Yurianto
title PENGEMBANGAN DAN PEMBUATAN KAMPAS REM KENDARAAN BERMOTOR BERBAHAN DASAR KOMPOSIT SERBUK LIMBAH BESI COR, SERAT ASBES DAN SERBUK LIMBAH PLASTIK
publishDate 2008
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url http://eprints.undip.ac.id/3670/1/PENGEMBANGAN_DAN_PEMBUATAN_KAMPAS_REM_KENDARAAN_BERMOTOR_BERBAHAN_DASAR_KOMPOSIT_SERBUK_LIMBAH_BESI_COR%2C_SERAT_ASBES_DAN_SERBUK_LIMBAH_PLASTIK_by_Susilo.pdf
http://www.mtm.undip.ac.id/
http://eprints.undip.ac.id/3670/
contents Peningkatan industri dari tahun ke tahun. Hal ini menuntut diberdayakannya seluruh potensi untuk menekan dampak yang terjadi baik dari sisi regulasi maupun pendekatan teknis. Pada sisi yang lain pertumbuhan industri yang terjadi berdampak pada penurunan kualitas lingkungan akibat polusi limbah kegiatan produksi maupun dari produk yang dihasilkan. Pemanfaatan limbah industri/produk industri untuk perbaikan kualitas part kendaraan bermotor sehingga meningkatkan nilai keamanan berkendara merupakan salah satu usaha penting yang berdampak multi dimensi. Proposal ini mengusulkan penelitian tentang pembuatan kampas rem kendaraan bermotor berbahan serbuk limbah besi cor, serat asbes dan serbuk limbah plastik. Usul penelitian pada dasarnya merupakan kelanjutan dari berbagai riset awal yang telah dilakukan dalam proses sintering. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam empat tahap selama satu tahun penelitian. Tahapan tersebut berupa tahap persiapan yang ditujukan untuk proses pembuatan serbuk limbah plastik dan karakterisasi serbuk-serbuk yang digunakan, optimasi proses sintering untuk membuat bahan komposit yang terbaik pada aplikasi kampas rem, pembuatan prototipe kampas rem dan rig uji kinerjanya dan pengujian kinerja kampas rem tersebut untuk memperoleh kualitas maupun umur pakai optimal. Dengan memvariasikan parameter serbuk yang berupa ukuran butir, komposisi dan jenis campuran serbuk besi cor (digunakan serbuk kuningan) dan pemvariasian parameter proses sintering yang berupa densitas green part (besar tekanan kompaksi), temperatur sintering dan waktu penahanan, akan diperoleh hubungan empiris dengan sifat mekanik bahan komposit tersebut. Dengan itu parameter proses optimal bahan rem dapat ditentukan. Selanjutnya data tersebut digunakan dalam pembuatan prototipe kampas rem motor maupun mobil. Untuk mengukur kinerja rillnya, pengujian dengan menggunakan rig uji dilakukan, dimana pengujian diberlakukan untuk prototipe kampas rem maupun kampas-kampas rem komersial produk industri. Hasil pengujian tersebut dibandingkan. Dengan model uji ini efektivitas pengereman pada kondisi basah maupun kering, efek pengerasan akibat fluktuasi beban termal yang muncul saat proses pengereman dan umur kampas dapat diketahui. Dari pelaksaan usul penelitian akan dihasilkan prototipe kampas rem berbahan serbuk limbah besi cor dan serbuk limbah plastik yang telah diuji kinerjanya, prototipe rig uji kinerja kampas rem untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Publikasi riset juga dilakukan agar hasil penelitian dapat dinikmati untuk kepentingan yang lebih luas. Kata kunci: kampas rem, komposit, serbuk besi cor
id IOS2852.3670
institution Universitas Diponegoro
institution_id 69
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Diponegoro
library_id 485
collection Diponegoro University Institutional Repository
repository_id 2852
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2852
first_indexed 2016-09-15T17:58:54Z
last_indexed 2016-09-22T20:45:00Z
recordtype dc
_version_ 1765880495034335232
score 17.13294