PENDAYAGUNAAN KOLEKSI BUKU PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG

Main Author: Sumiyati, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed application/msword application/pdf
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/3635/1/SRI_SUMIYATI-A2D205033.doc
http://eprints.undip.ac.id/3635/2/SRI_SUMIYATI-A2D205033.pdf
http://eprints.undip.ac.id/ilpus
http://eprints.undip.ac.id/3635/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendayagunaan koleksi buku perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendayagunaan koleksi buku perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang yang berjumlah 330 orang dengan guru kelas XI yang berjumlah 41 orang, dengan sampel yang digunakan sebanyak 40 orang untuk siswa dan 21 orang untuk guru. Dalam pengambilan sampel penulis menggunakan teknik sampel purposif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif bertujuan melukiskan fakta dan karakteristik populasi secara faktual dan cermat. Data tentang pemberdayaan koleksi buku perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar dikumpulkan, disusun, dianalisis dan diinterpretasikan. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pendayagunaan koleksi buku perpustakaan terhadap proses belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri 8 Semarang berada pada kategori sedang yaitu koleksi buku perpustakaan didayagunakan dalam proses belajar mengajar walaupun belum sampai pada tingkat maksimal. Kelengkapan koleksi yang tersedia sudah cukup memenuhi kebutuhan dan menunjang kelancaran proses belajar mengajar. Dalam pemanfaatan koleksi oleh siswa belum cukup maksimal, hal ini dapat dilihat dari frekuensi kunjungan, pemanfaatan waktu luang, tujuan membaca, lama membaca dan jumlah buku yang dibaca.