HUBUNGAN IKLAN OBAT BATUK DI TELEVISI DENGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PENGOBATAN PADA BALITA OLEH IBU-IBU RW III KELURAHAN KEJAKSAN KOTA CIREBON JAWA BARAT

Main Author: ANDZANI, DWINARI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/28624/1/4029.pdf
http://www.fkm.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/28624/
Daftar Isi:
  • Angka kejadian ispa semakin meningkat. kasus ISPA di kota Cirebon terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun yaitu sebesar 11.381 kasus yang terjadi di tahun 2008, dan 14.287 kasus pada tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklan obat batuk di televisi dengan pengetahuan, sikap dan praktik pengobatan pada balita oleh ibu-ibu RW III Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian explanatory, dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga di RW III Keluraha Kejaksan Kota Cirebon sebesar 80 responden yang diambil dengan metode simple random sampling. Data dianalisis secara univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara paparan iklan obat batuk dengan pengetahuan ibu mengenai pengobatan balita (0,043), antara pengetahuan ibu dengan sikap pengobatan pada balita (0,009), dan antara pengetahuan ibu dengan praktik ibu dalam pengobatan balita (0,028) Kata Kunci: Paparan, Iklan, ISPA, Pengetahuan, Perilaku