EVALUASI PELAYANAN PERIJINAN TERPADU SATU PINTU (ONE STOP SERVICE) DI KABUPATEN GROBOGAN
Main Author: | Mahardika, Surya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/27048/1/Abstrak_Surya_Mahardika_D2B607050.pdf http://eprints.undip.ac.id/27048/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini melakukan evaluasi pelayanan perijinan terpadu satu pintu (one stop service) di Kabupaten Grobogan. Apakah pelayanan perijinan terpadu satu pintu di Kabupaten Grobogan sudah berhasil dalam memberikan pelayanan perijinan pada masyarakat. Dilihat dari empat indikator yakni indikator input, indikator proses, indikator outputs, dan indikator outcomes. Metode yang dipakai adalah kuantitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada sampel yang dipilih, wawancara, dan observasi. Analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pelayanan perijinan terpadu satu pintu di Kabupaten Grobogan sudah cukup berhasil dalam memberikan pelayanan perijinan pada masyarakat. Dilihat dari fasilitas pendukung yang lengkap, prosedur yang tidak berbelit-belit, biaya perijinan yang jelas, waktu penyelesaian perijinan yang tepat waktu, produk perijinan yang sesuai dengan hukum yang berlaku, pegawai yang selalu bersikap sopan dan ramah, kenyamanan fasilitas pendukung, serta lokasinya yang mudah dijangkau. Kata kunci : Evaluasi, Pelayanan perijinan terpadu satu pintu (one stop service).