TELEVISI DAN SOSIALISASI NILAI ESTETIKA DI KALANGAN ANAK-ANAK PERKOTAAN DI KODYA DATI II SEMARANG

Main Authors: Maladi, Agus , Hendro, Eko Punto , Juwita, Ratna, Pujosantosa, Hedi , Etta, Olivia Hendri
Format: Monograph NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: UNIVERSITAS DIPONEGORO , 1999
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/22719/1/306-ki-lemlit-1999-a.pdf
http://eprints.undip.ac.id/22719/2/306-ki-lemlit-1999.pdf
http://eprints.undip.ac.id/22719/
Daftar Isi:
  • PENELITIAN-ini bertujuan menguji hubungan antara intensitas menonton televisi dengan penerimaan nilai-nilai estetika di kalangan anak-anak usia 5 - 11 tahun dengan menggunakan metoda eksplanatory research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi anak-anak pada rentang usia tersebut menonton TV (heavy viewer) maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan nilai¬nilai estikanya. Ada pengaruh langsung yang sangat kuat dari media TV dalam menanamkan (cultivate) nilai-nilai estetika di kalahgan anak-anak. Sebaliknya bagi anak-anak yang intensitas menonton televisinya rendah (light viewer), maka penerimaan nilai-nilai estetikanya juga rendah. Korelasi antara kedua variabel tersebut adalah positif dan nyata. Dan hasil penelitian ini juga disimpulkan bahwa secara behavioral, televisi berperan dalam pembentukan kepribadian anak-anak. Televisi berfungsi sebagai guru pengejar nilai kedua setelah bapak dan ibunya.