PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 6 SEMARANG

Main Author: Afid, KHAFIDHOH
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/21851/1/COVER.pdf
http://eprints.undip.ac.id/21851/2/BAB_1%2C2%2C3%2C4%2C5%2C6.pdf
http://eprints.undip.ac.id/21851/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan SMP N 6 Semarang. Penelitian ini menggunakan 5 aspek kualitas pelayanan yaitu keandalan, (reliability), keresponsifan (responsiveness),keyakinan (confidence), empati (emphaty) dan berwujud (tangible). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner. Kuesioner dibagikan ke 80 responden yang merupakan sampel penelitian. Jumlah sampel sebesar 10% dari pupulasi yaitu siswa, guru dan karyawan SMP Negeri 6 Semarang yang merupakan anggota Perpustakaan SMP Negeri 6 Semarang dengan menggunakan sampel random strata proporsional. Data yang diperoleh dideskripsikan dan dianalisa dengan teknik statistik deskriptif . Analisa data dilakukan melalui tahapan (1) seleksi data, (2) tabulasi data, (3) perhitungan distribusi frekuensi, (4) pernghitungan prosentase distribusi frekuensi, (5) pengklasifikasian data, dan (6) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di Perpustakaan SMP Negeri 6 Semarang cukup baik bahkan cenderung baik. Hal ini ditunjukan dengan hasil rata-rata perhitungan belum mencapai kategori di atas 75%. Berdasarkan temuan penelitian, dikemukakan saran sebagai berikut (a) perlu meningkatkan fasilitas dan memperlebar ruangan agar lebih nyaman; (b) peningkatan layanan dan menambah jam layanan yang relatif pendek dan (c) pustakawan diharapkan menindaklanjuti setiap keluhan yang disampaikan oleh pemustaka, dan berusaha memberikan jawaban pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Kata kunci: persepsi, pemustaka, kualitas pelayanan