ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN STRATEGI INTERNASIONAL TERHADAP KINERJA EKSPOR PERUSAHAAN DENGAN LINGKUNGAN SEBAGAI MODERATING VARIABEL ( STUDI PADA UKM EKSPORTIR DI SEMARANG )
Main Author: | Riyanto, Riyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/18876/1/Riyanto.pdf http://eprints.undip.ac.id/18876/ |
Daftar Isi:
- The research is conducted in Semarang and using 86 UKM ( Small and Medium scale enterprises ) as respondents , writer assumes that the envirountment will moderates the independents variables to dependent variable ,however, it is found that envirounment itself is significantly influence direct to company performance so it is considered to be independent variable instead of moderating as pre assumed Company characteristic plays the dominant factor to Strengthen the profitability of the UKM in Semarang as it has weaknesses for human and capital resources as well as Internasional acces. Learning from this Tesis for the Small and Medium scale enterprises is how to adapt the policy and the strategy of the company with the uncertainly eavirounment Penelitian ini difokuskan untuk meneliti dampak krisis tersebut terhadap UKM khususnya di kota Semarang. Penelitian ini dilakukan di kota Semarang dan mengambil sample 86 perusahaan berskala kecil sebagai responden. Dalam penelitian ditemukan bahwa lingkungan perusahaan berpengaruh secara langsung terhadap kinerja sehingga lingkungan dimasukkan dalam variable independent tidak seperti asumsi awal sebagai variable moderating. Karakteristik Perusahaan memegang peranan penting dan dominant dalam peningkatan profitabilitas UKM di Semarang, seperti diketahui bahwa kelemahankelemahan perusahaan tersebut adalah sumber daya manusia dan capital serta akses internasional. Pelajaran dari tesis ini bagi pelaku UKM adalah agar supaya secara cermat, pandai dalam mensikapi dan beradaptasi terhadap lingkungan perusahaan sehingga orientasi perusahaan ( keuntungan ) dapat dicapai.