ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG KEPUASAN KONSUMEN KARTU XL (Studi Kasus Pengguna Kartu XL di Semarang)
Main Authors: | WIJAYA, Hernanda Surya, SANTOSO, Suryono Budi |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
PERPUSTAKAAN FE UNDIP
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/18070/1/04.060.pdf http://eprints.undip.ac.id/18070/ |
Daftar Isi:
- PT. Excelcomindo Pratama (XL) adalah salah satu provider jasa komunikasi GSM yang ada di indonesia. XL juga merupakan tiga besar perusahaan jasa telekomunikasi yang ada di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fasilitas, persepsi kualitas, persepsi harga, dan kegunaan dan manfaat kartu pra bayar XL terhadap kepuasan konsumen yang menggunakannya di kota Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling sebanyak 100 konsumen. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan mengajukan kuesioner kemudian data dianalisis dengan teknik regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial, keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan. Pengujian secara simultan keempat variabel (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan kartu seluler pra bayar XL di Semarang. Diantara keempat variabel yang dianalisis, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah Fasilitas kemudian disusul dengan Persepsi Harga. 43,2 % variasi Kepuasan Konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen (Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat). Keyword : Fasilitas, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, Kegunaan dan Manfaat, Kepuasan Konsumen