ANALISIS PENGARUH NILAI PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN RETENSI PELANGGAN (Studi Kasus pada Gies Batik Pekalongan)

Main Author: Diab, Balqis
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/16683/1/Balqis_Diab.pdf
http://eprints.undip.ac.id/16683/
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to test the influences of customer value and brand image on customer satisfaction to increase customer retention. Using these variables, the usage of these variables are able to solve the arising problem within Gies Batik Pekalongan. The samples size of this research is 140 customers Gies Batik Pekalongan. Using the Statistical Process Social Science (SPSS). The results show that the customer value and brand image on customer satisfaction to increase customer retention. The effect of customer value on customer satisfaction are 0,192; The effect brand image on customer satisfaction are 0,360; and The effect customer satisfaction on customer retention are 0,463. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh nilai pelanggan dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan dalam meningkatkan retensi pelanggan. Sampel penelitian ini adalah pembeli Gies Batik Pekalongan, sejumlah 140 responden. Analisis Regressi yang dijalankan dengan perangkat lunak Statistical Process Social Science (SPSS), digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dalam meningkatkan retensi pelanggan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai regressi sebesar 0,192; citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai regressi sebesar 0,360; kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan dengan nilai regressi sebesar 0,463;