Studi Fenomenologi Strategi Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Dengan Cacat Mental (Tuna Grahita) Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang
Main Author: | Asiyah, Atikah Noer |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/15986/1/atikah.pdf http://keperawatan.undip.ac.id http://eprints.undip.ac.id/15986/ |
Daftar Isi:
- (xii + 63 halaman + 2 tabel + 4 gambar + 9 lampiran + 26 Pustaka) Retardasi Mental adalah suatu keadaan perkembangan mental yang terhenti atau tidak lengkap, yang terutama ditandai oleh adanya hendaya (Impairment), keterampilan (kecacatan, skills) selama masa perkembangan, sehingga berpengaruh pada semua tingkat intelegensi, yaitu kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan Retardasi Mental tentunya bukan menjadi harapan, dan membutuhkan proses dalam beradaptasi terhadap stressor – stressor, sehingga akan ada respon berupa koping dari individu tersebut. Koping tersebut bisa berupa koping yang berorientasi pada tugas (Task Oriented) dan koping yang berorientasi pada pertahanan ego (Deffence Mechanism). T ujuan penelitian ini untuk mengetahui koping yang digunakan oleh orang tua yang memiliki anak dengan Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Semarang.