ANALISIS PENGARUH LOYALITAS PELANGGAN DAN PERILAKU MENCARI VARIASI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Kasus pada Pengguna Kartu Prabayar Mentari di Kota Semarang)
Main Author: | RAHADIAN, SUSALIT SULTHAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.undip.ac.id/15934/1/Susalit_Sulthan_Rahadian.pdf http://eprints.undip.ac.id/15934/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini disusun sebagai usaha untuk melakukan pengujian terhadap beberapa konsep mengenai variabel-variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun loyalitas pelanggan terkadang mendapat hambatan untuk membuat pelanggan tidak berpindah, terutama dengan adanya perilaku mencari variasi. Sehingga pada penelitian ini akan diujikan seberapa besar pengaruh perilaku tersebut mempengaruhi pelanggan dan benarkah dengan loyalitas pelanggan perusahaan dapat menjaga pelanggannya dari perpindahan merek. Dukungan signifikan diperoleh dalam pengujian terhadap hipotesis 1, 2, 3 dan 4 yang memperkuat konsep nilai pelanggan dan hambatan pindah berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, serta perpindahan merek yang dipengaruhi oleh perilaku mencari variasi. Berdasarkan hipotesis-hipotesis yang telah dikembangkan dalam penelitian ini, maka masalah penelitian yang telah diajukan dapat dijustifikasi melalui pengujian Structural Equation Modeling (SEM). Telah dikonsepkan melalui penelitian ini bahwa hubungan antara variabel-variabel yang saling mempengaruhi dari 5 konstruk yang diajukan dan didukung secara empirik. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk menghindari terjadinya perpindahan metrek, perusahaan perlu memperhatikan hambtan pindah dalam bentuk inovasi yang bernilai bagi pelanggan. Sehingga setidaknya akan mengurangi terjadinya perpindahan merek oleh pelanggan, yang salah satunya disebabkan oleh perilaku mencari variasi.