PENGARUH PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH TERHADAP STATUS GIZI DAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DI SD NEGERI SIDIGEGE III KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

Main Author: MULYONO, MADYO ERI
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 1997
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/15383/1/0541.pdf
http://www.fkm.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/15383/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PMT-AS terhadap status gizi menurut indeks (BB/U, BB/TB) dan prestasi belajar (bahasa Indonesia, matematika). Jenis penelitian eksplanatory dengan metoda eksperimen. Penelitian dilakukan di SDN Sidigede III (SD perlakuan) dan SDN Sidigede I (SD Kontrol), sampel 116 anak pada SD perlakuan dan SD kontrol 92 anak. Dengan teknik pengambilan secara purposive. Pengambilan data dilakukan melalui penimbangan BB, pengukuran TB untuk status gizi dan prestasi belajar dengan nilai rapor catur wulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status gizi dan prestasi belajr mengalami peningkatan. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji t menunjukkan ada pengaruh PMT-AS terhadap status gizi (BB/U,BB/TB) dan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia tidak berpengaruh, sedangkan terhadap prestasi belajar matematika ada pengaruh). Kata Kunci: MAKANAN TAMBAHAN ANAK SEKOLAH