Analisis Penerapan Standard Operating Procedure (SOP) pada Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Srondol Kota Semarang Tahun 2010

Main Author: Mariani, Retno
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/11228/1/3789.pdf
http://www.fkm.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/11228/
Daftar Isi:
  • Hasil survei IKM di Puskesmas Srondol menunjukkan adanya permasalahan kecepatan pelayanan. Permasalahan tersebut juga terjadi pada unit pendaftaran, ditandai dengan penumpukkan pasien dan keluhan pasien, berkaitan dengan hal tersebut ditemukan ketimpangan pembagian tugas pada petugas pendaftaran serta belum adanya SP yang baku. Oleh karena itu, penting dilakukan pengembangan SOP pada unit pelayanan pendaftaran di Puskesmas Srondol. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan SOP bagi masing-masing petugas pendaftaran Puskesmas Srondol Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif didukung kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengukuran keefektifan SOP menggunakan parameter antrian sebelum dan sesudah penerapan SOP dan wawancara dengan pelaaksana SOP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petugas pendaftaran dan pihak manajemen mendukung adanya SOP pada unit pendaftaran. Hasil wawancara menunjukkan bahwa SOP yang diterapkan tidak efektif dalam menghilangkan ketimpangan pembagian tugas, hasil uji statisik menunjukkan perbedaan kecepatan pelayanan pendaftaran serta adanya penurunan waktu antri sebelum dan sesudah penerapan SOP. Namun, peningkatan kecepatan pendaftaran tidak dirasakan petugas pelaksana SOP, walaupun demikian ada manfaat SOP yang dirasakan dalam memberikan pelayanan pendaftaran. Penerapan SOP mendapat dukungan dari pelaksana dan manajemen, ada manfaat oleh pelaksana dan secara statistik terbukti mampu meninmgkatkan kecepatan pelayanan pendaftaran di Puskesmas Srondol Kota Semarang. Kata Kunci: Puskesmas, pelayanan pendaftaran, SOP