Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Praktik Pelayanan Keperawatan di Poliklinik Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

Main Author: Mugiarsih, Sriyani
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/10330/1/Sriyani_Mugiarsih.pdf
http://keperawatan.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/10330/
Daftar Isi:
  • Latar Belakang : Kepuasan pasien merupakan sukses memenangkan persaingan, hal ini tentu tidak mudah bagi pengelola rumah sakit mengingat pelayanan yang diberikan juga menyangkut hidup para pasien / pelanggannya, ada banyak dimensi mutu yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, seperti pelayanan administratif, keramahan dan ketanggapan para staf medis dan non medis, kemudahan dan ketepatan waktu layanan. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan diskriptif eksploratif. Tehnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah multi stage sampling. Alat yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner. Hasil : Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap praktik pelayanan keperawatan adalah sebagian besar responden dalam penelitian ini mengatakan sangat puas terhadap praktik keperawatan yang diberikan yaitu 87% (n = 93) 13% responden manyatakan puas terhadap pelayanan perawatan yang diberikan. Kesimpulan : Kepuasan pasien tinggi karena semua pasien merasa puas bahkan dapat melebihi dari keinginan pasien sehingga mereka merasa sangat pasien dan untuk selanjutnya dapat mempertahankan serta meningkatkannya