Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Bangsal Rawat Inap RSUD Kab. Brebes

Main Author: Arisnawati, -
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/10274/1/
http://eprints.undip.ac.id/10274/2/MUHTAR.pdf
http://keperawatan.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/10274/
Daftar Isi:
  • Pelayanan Keperawatan yang bermutu merupakan pelayanan yang manusiawi yang diberikan kepada klien, memenuhi standar profesi keperawatan, sesuai dengan standar biaya dan kualitas yang diharapkan rumah sakit serta mampu memenuhi kepuasan dan harapan klien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Bangsal Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 pasien di bangsal rawat inap RSUD Kab. Brebes yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sampel. Tehnik yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dilihat dari dimensi tangibility sebagian besar responden mengatakan puas ( 62,5%), dimensi reliability responden mengatakan puas ( 55 % ), dimensi responsiveness responden mengatakan sangat puas ( 78,8%), dimensi assurance responden mengatakan sangat puas ( 91,3%), dimensi emphaty responden mengatakan sangt puas (90%). Sebagian besar responden mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan yang diterimanya selama dirawat. Kelemahan atas kemampuan perawat dalam menangani keluhan atau respon penyakit, penjelasan perawat terhadap keluhan yang dirasakan, perawat kurang profesional dalam menangani masalah perawatan, dan kurangnya komunikasi perawat dengan pasien menimbulkan ketidakpuasan terhadap pelayanan perawatan. Perawat perlu memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertai kejujuran, profesional dalam menerapkan pengetahuan serta keterampilan keperawatan sesuai dengan kebutuhan klien.