ingkat Kepuasan Keluarga Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Operasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Main Author: Ifada, Farida Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.undip.ac.id/10261/1/Farida_Nur_Ifada.pdf
http://keperawatan.undip.ac.id
http://eprints.undip.ac.id/10261/
Daftar Isi:
  • Kepuasan keluarga merupakan keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan keluarga terpenuhi. Kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan di kamar operasi dapat dipengaruhi kecepatan perawat memberikan pelayanan, sikap empati, keramahan dan ketanggapan kepada keluarga, komunikasi dan pertanggungjawaban terhadap pelayanan yang diberikan.Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan di Ruang Operasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang dari dimensi responsiveness, empathy, communicative, ability, tangibility dan assurance Jenis penelitian kuantitatif, desain deskriptif sederhana, data dikumpulkan dengan kuesioner dengan menggunakan distribusi frekuensi. Jumlah sampel 40 keluarga, diambil dengan Accidental sampling. Gambaran kepuasan responden terhadap pelayanan keperawatan dari dimensi responsiveness, mempunyai tingkat kepuasan dengan kualitas yang sedang (72,5%). Dimensi empathy, mempunyai tingkat kepuasan dengan kualitas yang sedang (65,0%). Dimensi communicative mempunyai tingkat kepuasan dengan kualitas yang sedang (80,0%). Dimensi ability (77,5%) mempunyai tingkat kepuasan sedang. Dimensi tangibility mempunyai kepuasan kualitas yang sedang (75,0%). Gambaran tingkat kepuasan keluarga dari dimensi assurance sebagian besar dengan kualitas yang sedang, yaitu 70,0%. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan dari enam dimensi kepuasan, sebagian besar responden mempunyai tingkat kepuasan sedang. Salah satu factor yang menyebabkan kepuasan keluarga sedang adalah kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan kepada keluarga dan pasien