Peranan motivasi dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Main Author: Nababan, Ferdinand
Other Authors: Publikasi Ilmiah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Forum Ilmiah , 2014
Online Access: http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/750
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/750/683
Daftar Isi:
  • AbstrakPenelitian ini membahas peranan motivasi dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja karya-wan. Tujuan penelitian untuk mengetahui berapa dekat dan kuat hubungan antara variabel motivasi dengan variabel produktivitas kerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik analisa korelasi sederhana. Lokasi penelitian yand dijadikan obyek adalah PT. BNI berkedudukan jalan Jenderal Sudirman kav.1 Jakarta 10220. Indonesia. Data dikumpulkan dengan cara penelitian perpustakaan dan riset lapangan dengan alat bantu kuesioner dan wawancara. Dari hasil penelitian ini, penulis mendapatkan hasil bahwa 1. PT. BNI memberikan motivasi kerja berupa materiil (gaji karyawan dan tunjangan) serta bersifat non-materiil (kebutuhan akan rohani, menciptakan suasana santai, memperhatikan harga diri karyawan); 2. Perkembangan produktivitas kerja karyawan PT. BNI dari tahun ke tahun mulai dari tahun 1993 sampai dengan 1997 meningkat hanya di tahun 1996 hanya mengalami penurunan. 3. Hasil perhitungan kedua variabel dipeoleh hasil r = 0,61 menunjukkan terdapat hubungan cukup kuat antara variabel X dan variabel Y. Dapat disimpulkan bahwa dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian motivasi mempunyai hubungan positif yang cukup kuat dengan produktifitas kerja hal ini dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode analisa korelasi diperoleh hasil r = 0,61 karyawan diperjelas dengan tingkat absensi (O.91%-1,90) dan juga labour turn over (1,75%-1,76%) dari tahun 1993-1997 hasil ini masih di bawah standard yang telah ditentukan oleh PT. BNI sebesar 2%. Dari kesimpulan terse-but maka disarankan agar PT. BNI selalu terus memberikan dan mempertahankan pemberian moti-vasi kepada para karyawannya tersebut dengan mempertimbangkan situasi dari individu (karyawan) itu sendiri. Agar para karyawannya terus mau bekerja dengan semangat yang tinggi dan agar apa yang menjadi sasaran serta tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.Kata Kunci : Peranan, Motivasi, Produktivitas Kerja.