IMPLEMENTASI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENT)

Main Author: Yuli Azmi Rozali, Yuli Azmi Rozali
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Forum Ilmiah , 2014
Online Access: http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/575
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/575/538
Daftar Isi:
  • Tingginya tingkat persaingan dalam dunia bisnis, membuatpara pelaku bisnis berusaha untuk selalu menyajikanpelayanan yang terbaik. Apabila suatu perusahaanmemiliki produk yang sama dengan kualitas produk yangstandar atau kurang lebih sama dan dengan harga produkyang kompetitif, maka aspek yang dapat membedakanadalah kualitas pelayanan yang diberikan. Pelayananpada Pelanggan merupakan dasar dari pendirian sebuahbisnis. Pelayanan sepenuh hati pada pelanggan jugamerupakan titik pembeda antara sebuah perusahaanpemenang dan perusahaan lainnya. Tidak terkecualipelayanan pada perusahaan yang bergerak dalam bidangjasa pendidikan seperti universitas atau lembaga pendidikanlainnya. Mereka yang bertugas dibidang pelayananbiasanya dapat memiliki tingkat stress yangtinggi. Mereka dituntut untuk memberikan pelayananyang optimal bagi semua pemakai jasa tanpa membedakankualitas pelayanan yang akan diberikan.Individu yang memiliki beban tugas yang berlebihatau mengalami stres, peran kecerdasan emosionalsangat dibutuhkan. Mereka yang memiliki kecerdasanemosional yang tinggi dapat mengelola stres danmenemukan cara yang tepat dalam menghadapi strestersebut namun akan terjadi sebaliknya jika seseorangmemiliki kecerdasan emosional yang rendah, merekaakan sulit menemukan cara menghadapi stres tersebut.Agar peluang pasar menjadi besar, pelayanan yang fokuskepada pelanggan sebagai salah satu nilai utama yangharus dimiliki dan diterapkan kepada seluruh karyawanyang terlibat dalam setiap melakukan interaksi kepadapelanggan. aat ini pelanggan makin kritis dalam memilihproduk atau jasa oleh karena itu dengan kepuasanpelanggan mereka akan kembali dan mereka akan mudahmemberikan refrensi.Kata Kunci:Emosi, Kecerdasan Emosional, Stres, Pelayanan Prima,Pelanggan