PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN BERBASIS REKAM MEDIS DI RS “A” JAKARTA TAHUN 2005

Main Author: Hosizah, Hosizah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Forum Ilmiah , 2014
Online Access: http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/342
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/342/350
Daftar Isi:
  • Saat ini rumah sakit di Indonesia mengalami perubahan sebagai dampak adanya perubahan lingkungan lokal dan global, bergeser dari lembaga sosial menjadi lembaga usaha yang berarti bahwa pengelolaannya dari not for profit menjadifor profit. Rumah sakit masa kini harus menyadari kebutuhan masyarakat yang terus berubah, kemajuan teknologi, perang antar pesaing dan turunnya kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu dibutuhkan Sistem Informasi Pemasaran (SIP). SIP dapatmembantu rumah sakit dalam pengambilan keputusan yang tepat dan akurat. SIP terdiri dari pencatatan internal, intelijen pemasaran, riset pemasaran dan analisis pendukungkeputusan. Pencatatan internal bersumber dari rekam medis dan catatan keuangan rumah sakit. SIP dapat menghasilkandelapan elemen penting yaitu: Memperoleh informasi perubahan pasar, biaya yang diperlukan; Informasi kompetisi, perubahan kebutuhan masyarakat; Menetapkan tujuanpemasaran agar jelas dan terarah; Penampilan masalah dan pelanggan yang ada; Penentuan target pemasaran yang tepat;Gambaran implementasi dari strategi yang dibuat; Beberapa cara dan alat promosi yang bisa dipilih; Pengukuran dan pemantauan pelaksanaan cara pemasaran. Rekam Medissebagai data internal dapat mendukung keputusan pemasaran terhadap 4 elemen dari delapan elemen di atas yaitu Informasikompetisi, perubahan kebutuhan masyarakat; Menetapkan tujuan pemasaran agar jelas dan terarah; Penampilan masalahdan pelanggan yang ada; Penentuan target pemasaran yang tepat. Di RS “A” yang sudah tersedia rekam medis elektronikkenyataannya belum optimal dijadikan basis data SIP dan laporan yang dibutuhkan oleh direktur dan wadir tidak tersedia secara rutin karena masih dilakukan secara manual.Hasil penelitian ini, yaitu diperolehnya prototipe SIP berbasis Rekam Medis yang dapat menghasilkan informasi secara rutinbaik bulanan maupun tahunan dalam bentuk tabel, grafik dan peta guna kepentingan Direktur, Wadir Medis dan Wadir Keuangan dan Layanan Umum dalam rangka optimalisasi manajemen pemasaran RS “A” Jakarta.Kata Kunci: SDLC, SIP berbasis Rekam Medis