HUBUNGAN ASAL JURUSAN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Main Author: | Karyanah, Yayah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Forum Ilmiah
, 2015
|
Online Access: |
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/1387 http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/1387/1263 |
Daftar Isi:
- AbstrakAsal Jurusan adalah jurusan pada pendidikan sekolah menengah umum yang ditempuh siswa sebelum melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Prestasi belajar merupakan tingkat pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam mencerna informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Esa Unggul berasal dari macam-macam jurusan, dimana masing-masing mempunyai kompetensi yang berbeda, Hal ini akan mempengaruhi mahasiswa dalam mendalami materi perkuliahan dan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan dan menganalisis Hubungan Asal Jurusan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PSIK Universitas Esa Unggul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskritif korelasi menggunakan metode pendekatan cross sectional. Variabel dalam penelitian ini adalah asal jurusan (variabel independen) dan prestasi belajar (variabel dependen).Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PSIK Universitas Esa Unggul sebanyak 120 mahasiswa.Sampel adalah mahasiswa Semester IV sebanyak 39 orang. Pengambilan Sampel dengan Purposive Sampling.Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik Kolmogorov - Smirnov.. Hasil uji statistik p value 0,880 > dari 0,05..Artinya tidak ada hubungan asal jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan.Namun Prestasi belajar mahasiswa asal jurusan SMA IPA lebih baik dibandingkan prestasi belajar asal jurusan SMA IPS dan SMK.. Kesimpulan : Semua asal jurusan dapat dijadikan dasar seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Esa Unggul. Kata kunci:asal jurusan, prestasi belajar, PSIK