Hubungan Antara Motivasi Kerja dan Kinerja Petugas Pelayanan Resep Obat Jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng

Main Author: Wijaya, IGK; Fikes Universitas Esa Unggul
Other Authors: Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Forum Ilmiah , 2015
Online Access: http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/1148
http://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/1148/1055
Daftar Isi:
  • Mutu pelayanan rumah sakit dapat dinilai dari kepuasan pelanggan terhadap kecepatan pelayanan dimana hal ini menjadi masalah di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Nilai Indeks Kepuasan Pelanggan terhadap Kecepatan Pelayanan diperoleh nilai 59,32%. Kecepatan Pelayanan merupakan indikator dari kinerja dimana hal ini dipengaruhi oleh motivasi kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi kerja dan kinerja petugas pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh petugas farmasi yang berjumlah 52 Petugas. Analisis data menggunakan uji statistik Chi-Square untuk mengetahui adanya hubungan motivasi kerja dan kinerja petugas farmasi. Hasil penelitian diperoleh umur responden terbanyak (17-25 tahun atau 53.8%), jenis kelamin terbanyak Perempuan (35 orang atau 67.3%), Pendidikan terbanyak SMU/SMK/SMF (45 orang atau 86.5%), masa kerja terbanyak (5-10 tahun atau 53.8%). Hasil penelitian menunjukan (30 orang atau 57.7%) memiliki motivasi kerja kurang baik dan (27 orang atau 52%) memiliki kinerja rendah. Hasil uji statistik diperoleh bahwa adanya hubungan yang bermakna antara motivasi kerja dan kinerja petugas pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi RSUD Cengkareng (X2 ; 0.104, p < 0.05). Untuk peningkatan kinerja petugas dapat dilakukan upaya melalui peningkatan kegiatan pelatihan atau In House Training tentang pentingnya Leadership dan Service Excellent sedangkan untuk meningkatkan motivasi kerja dapat ditingkatkan fungsi controling serta monitoring pimpinan kepada bawahan.Kata kunci: kinerja, motivasi kerja, pelayanan