Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table di Sekolah Dasar

Main Authors: Putri, Puspa Helmiati, Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi, Pahrul, Yolanda
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi PGMI Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto , 2023
Online Access: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1380
http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1380/944
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa melalui model cooperative tipe round table pada siswa kelas IV SDN 013 Kumantan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.  Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Objek penelitian adalah keterampilan menulis puisi bebas. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa meningkat setelah adanya tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas IV SDN 013 Kumantan. hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas dan klasikal. nilai rata-rata dan persentasi ketuntasan klasikal siklus I pertemuan I 36,4%, pada siklus I pertemuan II 54,5% dan siklus II pertemuan I 81,8% pada siklus II Pertemuan II 90,9%   Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Tipe Round Table, Kemampuan Menulis Puisi Bebas, dan Sekolah Dasar.