Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific

Main Authors: Nugroho, Aryo Andri, Purwati, Heni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Euclid , 2015
Online Access: http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71/69
ctrlnum article-71
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific</title><creator>Nugroho, Aryo Andri</creator><creator>Purwati, Heni</creator><description lang="en-US">Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Penelitian pengembangan media pembelajaran matematika ini mengacu pada teori Thiagarajan. Proses pengembangan media dimulai dari tahap pendefinisian, proses merancang media yang dikembangkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis awal-akhir, peserta didik, materi, tugas yang mendukung kemudian dilakukan tahap perancangan atau design, selanjutnya tahap terakhir adalah tahap development. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi PLDV yang dikembangkan teruji valid secara isi dengan hasil penilaian untuk media rata-rata sebesar 91,3% . Sedangkan penilaian validator untuk materi PLDV dengan pendekatan scientific rata-rata sebesar 93,6%. Hasil tersebut berdasarkan penilaian validator memberikan nilai baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Keyword: pengembangan, mobile learning, pendekatan scientific,PLDV</description><publisher lang="en-US">Euclid</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2015-05-06</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71</identifier><source lang="en-US">Euclid; Vol 2, No 1 (2015): Euclid, Vol. 2 No. 1 Januari 2015</source><source>2355-1712</source><language>eng</language><relation>http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71/69</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2015 Euclid Jurnal Pendidikan Matematika</rights><recordID>article-71</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Nugroho, Aryo Andri
Purwati, Heni
title Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Dengan Pendekatan Scientific
publisher Euclid
publishDate 2015
url http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/71/69
contents Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Luaran yang dihasilkan adalah sebuah produk berupa media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Penelitian pengembangan media pembelajaran matematika ini mengacu pada teori Thiagarajan. Proses pengembangan media dimulai dari tahap pendefinisian, proses merancang media yang dikembangkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari tahap analisis awal-akhir, peserta didik, materi, tugas yang mendukung kemudian dilakukan tahap perancangan atau design, selanjutnya tahap terakhir adalah tahap development. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning dengan pendekatan scientific pada SMP materi PLDV yang dikembangkan teruji valid secara isi dengan hasil penilaian untuk media rata-rata sebesar 91,3% . Sedangkan penilaian validator untuk materi PLDV dengan pendekatan scientific rata-rata sebesar 93,6%. Hasil tersebut berdasarkan penilaian validator memberikan nilai baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Keyword: pengembangan, mobile learning, pendekatan scientific,PLDV
id IOS279.article-71
institution Universitas Swadaya Gunung Jati
institution_id 83
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati
library_id 602
collection Euclid Jurnal Pendidikan Matematika
repository_id 279
city KOTA CIREBON
province JAWA BARAT
repoId IOS279
first_indexed 2016-09-16T14:22:53Z
last_indexed 2017-02-25T09:25:28Z
recordtype dc
_version_ 1800701135245279232
score 17.13294