Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa (Studi Eksperimen di kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang)

Main Authors: Subroto, Toto, Umayah, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Euclid , 2015
Online Access: http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/68
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/68/66
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lemahabang. Kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dari 8 kelas yang ada dengan mengambil sampel secara sampling purposif. Masing-masing kelas sebanyak 33 siswa, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis secara signifikan berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t yang nilainya 0,047 < 0,05. Secara deskriptif statistik juga dapat dilihat rata-rata peningkatan pemahaman pada kelas eksperimen sebesar 0,45 dan peningkatan pemahaman pada kelas kontrol sebesr 0,35. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe TGT, kemampuan Pemahaman Matematis.