DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET
Main Authors: | Nopriana, Tri, Firmasari, Siska, ., Tonah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Euclid Jurnal Pendidikan Matematika
, 2016
|
Online Access: |
http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/127 http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/view/127/203 |
Daftar Isi:
- Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dan intervensi-intervensi yang diberikan kepada siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang mengundang aktivitas pemecahan masalah siswa pada tahap pemahaman dan penerapan konsep. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini karena relevan dilihat dari proses awal sampai tersusunnya sebuah bahan ajar baru yang berhubungan dengan aktivitas pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian di kelas dapat disimpulkan bahwa : 1) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep, 2) Intervensi konvergen diberikan pada siswa dari awal pembelajaran, saat siswa mencari pola pada tabel dan menggeneralisasi konsep. Kata Kunci : Bahan Ajar, Aktivitas Pemecahan Masalah