Pameran sebagai aspek pendukung citra sebuah produk: studi kasus mengenai unsur visual pada penataan stan pameran Jakarta Motor Show 2002 di Jakarta Convention Center, Jakarta

Main Author: NINIK HERAWATI
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2003
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=991
Daftar Isi:
  • Penataan stan pameran merupakan salah satu upaya untuk menata dan menyampaikan informasi tentang sebuah produk. Setiap ruang pamer harus dapat menampilkan karakter dan tema yang akan diambil untuk memberikan kesan dan suasana tertentu. Untuk dapat merasakan itu pengunjung tentu memerlukan media berupa unsur visual yang dapat dilihat secara kasat mata dan dapat diamati, antara lain melalui garis, bentuk, warna, bahan, tekstur, dan pencahayaan yang diterapkan pada elemen-elemen interior seperti lantai, dinding, konstruksi stan, pylon, specboard, dan information desk. Untuk membantu mengembangkan dan perpertahankan kesan dan keteraturan visual diantara elemen-elemen desain diperlukan prinsip-prinsip desain sebagai bahan acuan, seperti proporsi, skala, keseimbangan, harmoni, kesatuan, irama, dan penekanan. Oleh karena itu dalam perancangan stan pameran diperlukan perencanaan yang matang agar penataan visualnya sesuai dengan karakter dan tema suatu produk dari perusahaan dan membantu membentuk citra (image) perusahaan sebagai peserta pameran.