Perancangan kampanye pengenalan batik “jonegoroan” di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur

Main Author: YOVITA EMANUELA VASHTI
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2013
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=29978
Daftar Isi:
  • Kurangnya perhatian masyarakat terhadap kebudayaan lokal dapat menjadi dampak yang negatif bagi kaum muda. Mereka menjadi seperti tidak mengetahui adanya kebudayaan lokal tersebut dan cenderung cuek. Menurut hasil kuesioner yang dibagikan kepada 50 sample anak SD secara acak, didapati 55% tidak mengetahui motif batik Bojonegoro. Hal ini perlu ditanggulangi dengan melakukan hal-hal kecil sebagai bentuk pengenalan akan batik lokal. Kampanye pengenalan motif batik “Jonegoroan” ini dirancang untuk memberikan pengetahuan tentang 14 motif batik “Jonegoroan”, sekaligus menanamkan rasa cinta batik “Jonegoroan” kepada anak-anak usia 6-12 tahun melalui motifnya.