Representasi figur orang Indonesia dalam iklan televisi top coffee
Main Author: | MERLYN SUTANTO |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=29883 |
Daftar Isi:
- Representasi figur orang Indonesia dalam iklan televisi Top Coffee membahas tampilan visual dari iklan televisi Top Coffee yang tidak sejalan dengan pesan verbalnya yang mengusung semangat nasionalisme. Hal ini dapat dilihat dari konstruksi budaya dan representasi figur orang Indonesia dalam iklan yang tampak sangat terobsesi dengan ideologi kebudayaan barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan semiotika dengan unit analisis dari kode-kode televisi John Fiske untuk membedah makna-makna yang tersembunyi di dalam iklan televisi Top Coffee. Untuk kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya dualisme pesan dalam iklan televisi Top Coffee yang mana mengkonstruksikan budaya Indonesia ke dalam dunia barat melalui sosok Iwan Fals, Nikita Willy, Samuel Zylgwyn, dan Anthonny sebagai brand ambassador dari iklan.