Pengaruh account representative terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan

Main Author: RAHMAWATI IRAWAN
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2014
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=29158
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor kompetensi pelayanan, kesopanan pelayanan, kredibilitas pelayanan, pengawasan kepatuhan formal, dan pengawasan kepatuhan material yang dilakukan account representative mempunyai pengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 100 orang responden yang merupakan wajib pajak yang memanfaatkan jasa account representative di KPP Pratama Tarakan. Teknik analisa data menggunakan analisa regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, uji F, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kompetensi pelayanan, kredibilitas pelayanan, dan pengawasan kepatuhan material berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Sedangkan faktor kesopanan pelayanan dan pengawasan kepatuhan formal tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan. Secara bersama-sama kelima faktor berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Tarakan.