Analisis penerimaan nasabah terhadap layanan mobile banking dengan menggunakan pendekatan technology acceptance model dan theory of reasoned action

Main Author: DAVID KURNIAWAN
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2012
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=27231
Daftar Isi:
  • Layanan mobile banking saat ini merupakan solusi efektif untuk meningkatkan penetrasi layanan perbankan. BCA merupakan salah satu bank swasta yang menggunakan layanan mobile banking, dengan asumsi bahwa layanan mobile banking memiliki tingkat kemudahan akses yang lebih mudah dibandingkan dengan bank lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung perceived ease of use terhadap attitude towards use melalui perceived usefulness dan pengaruh attitude towards use terhadap behavioral intention pada nasabah bank BCA di Surabaya yang menggunakan mobile banking. Responden penelitian ini adalah nasabah bank BCA Surabaya yang menggunakan mobile banking. Analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa secara langsung dan tidak langsung variabel perceived ease of use memiliki pengaruh terhadap variabel attitude toward use dengan melalui variabel perceived usefulness. Attitude toward use memiliki pengaruh terhadap behavior intention.