Analisa pengaruh retail mix terhadap kepuasan pelanggan di Calais Grand City Surabaya

Main Author: ERLIN WAHONO
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2013
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=26332
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis ritel di Indonesia yang semakin berkembang pesat membuat persaingan semakin meningkat. Sebagai salah satu bentuk usaha ritel, Calais harus memiliki keunggulan bersaing agar dapat tetap bertahan atau bahkan memenangkan persaingan dalam bisnis ritel. Salah satu cara untuk menciptakan keunggulan bersaing adalah dengan menerapkan strategi bauran pemasaran eceran (retail mix) yang tepat sehingga dapat memuaskan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Retail Mix (customer service, store design & display, communication mix, location, merchandise assortment, dan pricing) terhadap kepuasan pelanggan di Calais Grand City Surabaya serta mengetahui faktor mana yang berpengaruh dominan terhadap Customer Satisfaction di perusahaan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 110 responden konsumen dari Calais Grand City Surabaya. Alat analisa yang digunakan untuk mengukur pengaruh Retail Mix terhadap Kepuasan Pelanggan adalah analisa regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan keenam variabel retail mix secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Calais Grand City Surabaya. Sedangkan faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan di cafĂ© ini adalah pricing atau harga produk.