Analisa bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara (studi kasus pada tempat cuci mobil ADS Surabaya)
Main Authors: | AGUS TIO, YUANITA TIRTA SUWARNI |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=26308 |
Daftar Isi:
- Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor menyebabkan terjadinya persaingan dari perusahaan cuci mobil dalam mendapatkan loyalitas konsumen. Mengingat konsumen yang cenderung lebih cerdik dan lebih menuntut, penyedia jasa harus menyusun strategi bauran pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara. Dengan analisis structural equation modeling (SEM) dihasilkan diagram alur yang menunjukkan bauran pemasaran berpengaruh secara positif terhadap loyalitas konsumen, dengan kepuasan konsumen sebagai variabel perantara.