Perancangan kampanye sosial pemberian makanan pendamping asi (MPASI) kepada bayi di atas 6 bulan di Surabaya

Main Author: GABRIELLA PERMATA SUTANTO
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2012
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=26246
Daftar Isi:
  • MPASI (Makanan Pendamping ASI) merupakan makanan selain ASI yang diberikan kepada bayi setelah pemberian ASI Eksklusif. WHO dan Departemen Kesehatan RI memberikan anjuran bagi para ibu untuk memberikan ASI selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian MPASI kepada bayinya, yang mana pelaksanaanya masih jauh dari harapan. Pemberian MPASI yang terlalu dini dapat meningkatkan peluang kuman untuk masuk ke bayi, sehingga meningkatkan jumlah bayi sakit. Kejadian ini masih banyak terjadi di Indonesia, yang mana pengetahuan yang kurang serta aspek sosial budaya dipercaya sangat berperan dalam hal ini. Kampanye Sosial ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Kampanye diharapkan dapat menginformasikan dan menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya memberi MPASI secara benar dan tepat, yaitu dengan mengadakan penyuluhan dan menggunakan media pendukung lainnya.