Perancangan dan pembuatan aplikasi data mining market basket analysis pada Karina Swalayan dengan menggunakan hash-based algorithm

Main Author: YOGIE SURYA
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2011
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=26004
Daftar Isi:
  • Karina Swalayan merupakan toko retail yang berkembang dan sudah cukup dikenal di kota Surayaba. Toko ini tidak memiliki suatu pedoman khusus dalam peletakan barang yang sudah terstruktur antar jenis-jenis barang yang memiliki keterkaitan, sehingga agak menyusahkan karyawan dalam mengambil barang yang dipesan customer. Solusi yang paling cocok untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan suatu aplikasi Market Basket Analysis. Secara garis besar, Market Basket Analysis bertujuan untuk mengetahui item apa saja yang sering dibeli bersamaan oleh customer. Item disini diartikan sebagai berbagai macam produk atau barang pada Toko Berkat Abadi. Dengan menggunakan output dari software ini, yang barupa association rule dan grafik, pengambil keputusan dapat mengetahui item apa saja yang sering dibeli bersamaan oleh customer toko. Berdasarkan pengujian, aplikasi dapat dilakukan dan telah dapat diaplikasikan dengan baik. Hasil kuisioner dari user menunjukkan bahwa tingkat keakuratan informasi hasil aplikasi 80%, desain interface 80%, kemudahan menggunakan program 80%, penggunaan bahasa dalam menyampaikan informasi 60%, dan petunjuk yang diberikan dalam membantu user menggunakan aplikasi 40%.